PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN ONLINE BERBASIS E-LEARNING PADA APLIKASI ZENIUS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMA

Nisya Sintawana, Diana Putri Lazirkha, Siti Nurindah Sari

Abstract


Tidak hanya mendapatkan pelajaran di dalam lingkungan sekolah, siswa juga bisa mendapatkan pelajaran di luar lingkungan sekolah. Dengan banyaknya startup dibidang pendidikan, seperti Zenius, Quipper, Ruangguru dan sebagainya. Kursus belajar yang biasanya dilakukan dengan cara konvensional (tatap muka atau offline) dimana sistemnya hampir sama dengan sistem yang ada di sekolah, kini bisa dilakukan secara online (dapat diakses dimanapun dan kapanpun). Salah satunya adalah Zenius, yang sudah ada sejak tahun 2008 dan sudah berdiri selama 12 tahun. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pengaruh metode pembelajaran secara e-learning terhadap hasil pembelajaran siswa SMA. Penelitian ini merupakan model evaluasi discrepancy untuk menghitung besarnya pengaruh media pembelajaran online ini. Data dikumpulkan melalui kuesioner atau angket kemudian data dianalisis dengan model evaluasi discrepancy. Keberhasilan aplikasi diukur dengan kriteria mutlak (absolute). Responden dari penelitian ini adalah siswa SMA yang terdiri dari kelas 10, 11 dan 12 baik yang terlibat langsung maupun tidak langsung dengan aplikasi Zenius. Secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa pengaruh media pembelajaran online berbasis e-learning pada aplikasi Zenius terhadap hasil belajar siswa SMA tidak terlalu berpengaruh terhadap hasil belajar responden.

Kata kunci : pengaruh, e-learning, hasil belajar


Keywords


pengaruh, e-learning, hasil belajar

Full Text:

PDF

References


Hanum, N. 2013. Kefektifan E-Learning sebagai Media Pembelajaran (Studi Evaluasi Model Pembelajaran E-Learning SMK Telkom Sandhi Putra Purwokerto). Pendidikan Vokasi, 3(1), 90-102.

Irawan, Y., Susanti, N., & Triyanto, W. 2015. Analisa dan Perancangan Sistem Pembelajaran Online (E-Learning) pada SMK Mambaul Falah Kudus. Simetris, 6(2), 345-352.

Saputra, W. 2016. Evaluasi Program Konseling Individu di SMP Laboratorium Universitas Negeri Malang dengan Model Discrepancy. Fokus Konseling, 2(1), 1-10.

Rahmatia, M., Monawati., & Darnius, S. 2017. Pengaruh Media E-Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SDN 20 Banda Aceh. Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1), 212-227.

Muryadi, A. 2017. Model Evaluasi Program Dalam Penelitian Evaluasi. Ilmiah, 3(1), 1-7

Soewono, E. 2018. Efektivitas E-Learning Model Bimbingan Belajar Matematika Berbasis Multimedia Untuk Meningkatkan Kemampuan Belajar Siswa. Ikraith-Informatika, 2(1), 102-107.

Soewono, E. 2018. Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika Menggunakan E-Learning Pendekatan Bimbingan Belajar Berbasis Multimedia. Ikraith-Informatika, 2(2), 20-13.

Kusuma, E., Asmunin. 2019. Pengembangan E-Learning Berbasis Web dengan Pelevelan Berdasarkan Hasil Tes pada Lembaga Bimbingan Belajar BEC. Manajemen Informatika, 9(2), 28-35.

Saputra, W. 2019. Evaluasi Model Discrepancy: Salah Satu Model Evaluasi Program Konseling. Bimbingan dan Konseling (BK), 8(1), 28-33.


Statistik Artikel

Abstract views : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 JI-Tech

Jurnal JI-Tech

Jurnal Ilmiah STTI NIIT

Jl. Asem II No.22, RT.11/RW.5,
Cipete Sel., Kec. Cilandak,
Kota Jakarta Selatan,
Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12410
Phone: (021) 7515870


Free counters!