Perancangan Sistem Informasi Pelayanan dan Administrasi Pasien Berbasis User Experience

Nadila Safitri, Puput Irfansyah, Naely Farkhatin

Abstract


Rumah Sakit Permata Cibubur adalah insitusi yang berada di Jl. Alternatif Cibubur No.6A, Jatikarya, Kec. Jatisampurna, Kota. Bekasi, Jawa Barat. Rumah Sakit Permata Cibubur ini telah menggunakan komputer namun pencatatan secara manual, yaitu dengan menggunakan Microsoft Word sebagai alat bantu dalam proses surat rujukan ke rumah sakit lain sehingga memungkinkan memungkinkan pada proses membuat surat rujukan. Masalah lainnya pada proses pembuatan laporan yang masih manual, yang memungkinkan laporan tersebut mudah hilang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengindentifikasi masalah-masalah yang ada pada penginputan laporan, pencetakan laporan secara terkomputerisasi dan pembuatan surat rujukan secara terkomputerisasi. Karena masalah-masalah tersebut, aplikasi pelayanan dan administrasi rumah sakit dibuat berbasispengalaman pengguna , tujuan dari pengalaman pengguna adalah untuk meningkatkan kemudahan pengguna selama proses desain, dalam konteks ini adalah penggunaan dari suatu sistem informasi agar aplikasi yang dibuat sesuai dengan keinginan pengguna dan memudahkan pengguna. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian data yang berupa studi literatur, wawancara dan observasi. Hasil penelitian ini adalah aplikasi pelayanan dan administrasi rumah sakit menggunakan sistem berbasis pengalaman pengguna dimana aplikasi tersebut memudahkan pengguna dalam memproses data dan menyediakan penyimpanan data yang lebih baik.


Keywords


Rumah Sakit Permata Cibubur, Aplikasi, Pelayanan, Administrasi, User Experience.

Full Text:

PDF

References


JS Palungan, 2013. “Efisiensi Kerja Dalam

Pekerjaan Rumah Tangga”. Kencana. Jakarta.

H.A.S. Moenir, 2010. “Manajemen Pelayanan

Umum Di Indonesia.”. Jakarta: Bumi Aksara. D. Anggoro, “ANALISA DAN RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI PELAYANAN BIDAN PRAKTEK SWASTA (STUDI KASUS BIDAN SILVIANA),” J. Ilm. Teknol. Inf. Terap., vol. III, no. 1, Dec. 2016, doi: 10.33197/JITTER.VOL3.ISS1.2016.116.

Elisabet Yunaeti Anggraeni dan Rita Irviani,

, Pengantar Sistem Informasi, Yogyakarta:CV Andi Offset

Garrett, Jesse James. 2011. “The Elements of User Experience: User-Centered Ladjamudin, 2013, “Analisis dan Desain Sistem Informasi”. Graha Ilmu. Yogyakarta.

L. A. Utami, “Konferensi Nasional Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (KNIT),” Konf. Nas. Ilmu Pengetah. dan Teknol., vol. 1, no. 1, pp. 33–38, Aug. 2015, Accessed: Jul. 08, 2020

Ladjamudin, 2013, “Analisis dan Desain Sistem Informasi”. Graha Ilmu. Yogyakarta.

“SISTEM INFORMASI ADMINISTRASI PASIEN PADA KLINIK KELUARGA DEPOK | Konferensi Nasional Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, ” Konf. Nas. Ilmu Pengetah. dan Teknol., p. 6, 2015, Accessed: Aug. 20, 2020.

P. Irfansyah, B. D. Hatmoko, and I. Hermadi, “Mobile Knowledge Management System untuk Penanggulangan dan Pemulihan Stres Sapi,” J. Edukasi dan Penelit. Inform., vol. 6, no. 2, p. 167, Aug. 2020, doi: 10.26418/jp.v6i2.40841.


Statistik Artikel

Abstract views : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 JI-Tech

Jurnal JI-Tech

Jurnal Ilmiah STTI NIIT

Jl. Asem II No.22, RT.11/RW.5,
Cipete Sel., Kec. Cilandak,
Kota Jakarta Selatan,
Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12410
Phone: (021) 7515870


Free counters!