Implementasi Spanning Tree Protocol (STP) pada Perancangan Virtual Local Area Network (VLAN) pada PT. Regalindo Sakti Jakarta

Vergina Maria Josefina Renwarin, Ummu Radiyah

Abstract


ABSTRAK

Vergina Maria Josefina Renwarin (12190027), Implementasi Spanning Tree Protocol (STP) pada Perancangan Virtual Local Area Network (VLAN) pada PT. Regalindo Sakti Jakarta.

                Teknologi informasi yang berkembang semakin pesat sudah menjadi suatu kebutuhan untuk setiap perusahaan. PT. Regalindo Sakti merupakan perusahaan besar yang bergerak dalam bidang perdagangan besar textile, sehingga peneliti melakukan metode penelitian dengan menggunakan metode observasi.  Perusahaan ini mencakup usaha perdagangan besar hasil industry textile ke luar negeri.  Manajemen jaringan  sangatlah penting untuk menunjang komunikasi dan transaksi dengan client. Penggunaan jaringan komputer pada perusahaan ini belum memiliki manajemen jaringan yang baik antara lain tidak adanya redundancy atau jalur alternatif yang dapat menangani apabila paket data terjadi loop dan mengalami down jaringan. Pada lain hal jaringan komputer di beberapa divisi belum menyediakan hak akses atau privasi.

Untuk menyelesaikan kondisi ini maka penulis mencoba menerapkan manajemen jaringan dengan Spanning Tree Protocol (STP) pada switch agar dapat memberikan jalur redundan dan mencegah loop pada jaringan, serta mengembangkan jaringan ke dalam bentuk virtual local area network (VLAN). Sistem VLAN diyakini mampu memberikan kemudahan dari segi biaya dan lebih mudah untuk mengatur manajemen jaringannya, sebab VLAN sendiri mampu melakukan konfigurasi secara terpusat dan mampu memonitor terhadap client.

 

Kata kunci: manajemen jaringan, spanning tree protocol (STP), virtual local area network (VLAN)


Full Text:

PDF

Statistik Artikel

Abstract views : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 JI-Tech

Jurnal JI-Tech

Jurnal Ilmiah STTI NIIT

Jl. Asem II No.22, RT.11/RW.5,
Cipete Sel., Kec. Cilandak,
Kota Jakarta Selatan,
Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12410
Phone: (021) 7515870


Free counters!