OPTIMASI NETWORK FIREWALL DAN LIMITASI BANDWITH UNTUK PRIORITAS VIDEO CONFERENCE MENGGUNAKAN ROUTER MIKROTIK

Numan Musyaffa

Abstract


Dengan perkembangan teknologi, kebutuhan akan jaringan komunikasi semakin meningkat dan selama pandemic virus covid-19 berlangsung dari satu tahun yang lalu memaksa masyarakat dari berbagai kalangan tidak untuk melakukan kontak fisik menyebabkan berbagai kegiatan banyak dilakukan dirumah secara daring atau yang lebih populer dengan sebutan Work From Home(WFH) atau bekerja dari rumah. Kegiatan belajar dan mengajar baik di sekolah maupun perguruan tinggi merupakan salah satu kegiatan yang menggunakan belajar secara daring dari rumah di masa pandemi Covid-19 ini.  Kegiatan belajar mengajar dan bekerja yang digelar dalam jaringan (online) selama pandemi membuat lalu lintas data melesat tajam, aplikasi video conference yang ada, zoom berada di deretan paling atas dari sisi banyaknya pengguna. Hal tersebut tidak lepas dari banyaknya fitur yang ditawarkan aplikasi ini kepada penggunanya namun Salah satu hambatan yang harus dihadapi adalah terbatasnya bandwith internet di Indonesia. Muncul masalah koneksi lambat jika banyak klien menggunakan secara bersamaan sehingga penggunaan video conference menjadi tersendat-sendat dikarenakan pemakaian bandwith yang tidak sesuai, diperlukan penandaan paket data yang masuk sebagai browsing internet atau sebagai paket data untuk video conference setelah itu membatasi paket data yang akan digunakan sebagai browsing sehingga akan memprioritaskan paket data yang akan digunakan untuk video conference menggunakan fitur dari Router Mikrotik yaitu menggunakan firewall mangle dan membuat limitasi bandwith menggunakan Simple Quee.


Keywords


firewall, video conference, router

Full Text:

PDF

References


Andi. (2020). Aplikasi Video Conference Terbaik Untuk Menunjang WFH. Retrieved March 31, 2021, from https://qwords.com/blog/video-conference/

Fitriastuti, F., & Utomo, D. P. (2014). IMPLEMENTASI BANDWDITH MANAGEMENT DAN FIREWALL SYSTEM MENGGUNAKAN MIKROTIK OS. Jurnal Teknik, 4(1), 1–9.

Harun, M. (2020). Evaluasi Kualitas Perangkat Lunak Pada Aplikasi Zoom Cloud Meetings Untuk Pembelajaran Elearning. Journal of Chemical Information and Modeling, 5(9), 1689–1699.

Hasan, M., & Dkk. (2016). Analisa Dan Pengembangan Jaringan Wireless Berbasis Mikrotik Router Os V.5.20 Di Sekolah Dasar Negeri 24 Palu. Jurnal Elektronik Sistem Informasi Dan Komputer, 2(1), 10–19. Retrieved from stmik-binamulia.ac.id

Ilham, D. N. (2018). Implementasi Metode Simple Queue Dan Queue Tree Untuk Optimasi Manajemen Bandwith Jaringan Komputer Di Politeknik Aceh Selatan. METHOMIKA: Jurnal Manajemen Informatika & Komputerisasi Akuntansi, 2(1), 43–50.

Indonesia, D. (2020). we are social, “Digital 2020 Indonesia,.” Retrieved March 31, 2021, from https://datareportal.com/reports/digital-2020-indonesia

Musyaffa, N., & Ryansyah, M. (2020). Implementation of VPN Using Router MikroTik at Al-Basyariah Education Foundation Bogor, 12(2), 49–55.

Musyaffa, N., & Sastra, R. (2019). Analisa Kinerja Kualitas Layanan ( QoS ) Virtual Router Redudancyp Protocol ( VRRP ) Menggunakan Mikrotik Routerboard, V(1), 1–5.

Rahman, A. (2020). IMPLEMENTASI MANAJAMEN BANDWITH UNTUK VIDEO CONFERENCE DENGAN METODE FIREWALL MANGLE PADA, (Ciastech), 341–350.


Statistik Artikel

Abstract views : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 JI-Tech

Jurnal JI-Tech

Jurnal Ilmiah STTI NIIT

Jl. Asem II No.22, RT.11/RW.5,
Cipete Sel., Kec. Cilandak,
Kota Jakarta Selatan,
Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12410
Phone: (021) 7515870


Free counters!