Chatbot Pemasaran Untuk Merespon Pertanyaan Calon Mahasiswa Baru | Barus | JI-Tech

Chatbot Pemasaran Untuk Merespon Pertanyaan Calon Mahasiswa Baru

Simon Prananta Barus, Ary Budi Warsito

Abstract


Era revolusi industri 4.0 memicu lahirnya berbagai macam inovasi. Inovasi ini didukung oleh kehadiran teknologi, seperti kecerdasan buatan (artificial intelligence), IoT, maha data (big data), komputasi awan (cloud computing), pencetakan 3D (3D printing). Saat pandemi Corona, pengguna Internet melonjak drastis. Lonjakan ini disebabkan banyak aktivitas yang dahulu dilakukan luring berpindah ke daring, seperti belajar, bekerja, belanja, bertemu dan beribadah. Ini berakibat ruang gerak marketing menjadi terbatas, khususnya untuk berinteraksi dengan calon mahasiswa baru. Untuk dapat mengatasi keterbatasan ini dibutuhkan chatbot sebagai asisten marketing, khususnya untuk memberikan respon pada setiap pertanyaan yang sering ditanyakan (Frequently Asked Questions (FAQ)). Chatbot (CSbot) ini tidak hanya dapat diakses tiap saat, tapi juga dimana saja selama terkoneksi ke Internet. Google menyediakan platform natural language understanding (NLU), Dialogflow, melalui komputasi awan yang dapat membantu pengembangan chatbot agar lebih mudah dan cepat. Metode penelitian yang dilakukan, yaitu studi literatur, wawancara, observasi, pengembangan aplikasi chatbot dengan model prototyping (berisikan tahapan kebutuhan pengguna, prototipe sistem / sub sistem, evaluasi prototipe, penyempurnaan prototipe, pengujian sistem, implementasi sistem, dan perawatan sistem). Aplikasi CSbot telah selesai dibuat dengan menggunakan Dialogflow. Selanjutnya, CSbot ini dapat dikembangkan dengan penambahan dialog, antisipasi penggunaan bahasa asing, bahasa daerah atau singkatan – singkatan yang umum, fasilitas untuk mengisi form pendaftaran, dan penyempurnaan dialog berbasis suara.
Kata kunci: chatbot, csbot, dialogflow, pemasaran, prototyping


Full Text:

PDF

References


Barus, S. P. (2020). Design and Build a Seminar Management Information System to Manage 2019 Indonesian Qualitative Seminar & Workshop (SLKI). International Journal of

Informatics and Computation, 12-20.

Barus, S. P. (2021). Implementation of Naïve Bayes Classifier-based Machine Learning to Predict and Classify New Students at Matana University. Journal of Physics: Conference Series,

Barus, S. P. (2022). Chatbot with Dialogflow for FAQ Services in Matana University Library. International Journal of Informatics and Computation, 62-70.

Eldi, & Syaputra, H. (2020). Implementasi Chatbot untuk Mendukung Sistem Informasi pada Rumah Sakit Muhamadiyah Palembang. Jurnal Nasional Ilmu Komputer, 139-148.


Statistik Artikel

Abstract views : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JI-Tech

Jurnal JI-Tech

Jurnal Ilmiah STTI NIIT

Jl. Asem II No.22, RT.11/RW.5,
Cipete Sel., Kec. Cilandak,
Kota Jakarta Selatan,
Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12410
Phone: (021) 7515870


Free counters!