Aplikasi Mobile Tracking Menentukan Jarak Terdekat Lokasi Kantor Pusat dan Kantor Cabang Menggunakan Algoritma Djikstra Pada PT. Global Media Jaya Abadi

Trinugi Wira Harjanti, Syaiful Azhari

Abstract


PT. Global Media Jaya Abadi adalah perusahaan yang merintis beberapa bisnis salah satunya, seperti e-Commerce. Perusahaan yang nantinya akan mempromosikan bermacam jenis produk barang milik orang lain yang dijual lewat websitenya, seperti elektronik, buku, mainan, peralatan rumah tangga, olahraga dan perlengkapan traveling. PT. Global Media Jaya Abadi ini memiliki 5 kantor cabang bisnis dan sebagiannya dari kantor cabang ditempatkan untuk penyimpanan barang. Dalam perusahaan ini juga memiliki kurir untuk mengirimkan barang dan kurir dalam pengiriman surat resmi. Pada bagian kurir dalam pengiriman surat resmi ini belum memiliki aplikasi untuk mengirimkan surat resmi yang akan diantar ke kantor cabang. Untuk pengiriman surat resmi yang akan dikirim ke kantor cabang terdapat jalur yang banyak membuang waktu dalam pengiriman surat tersebut. Maka dibuatlah aplikasi untuk menentukan jarak terdekat dari kantor pusat ke kantor cabang yang menggunakan algoritma dijkstra. Algoritma Dijkstra adalah salah satu algoritma yang digunakan untuk mencari lintasan terpendek pada sebuah graf. Algoritma dijkstra memakai prinsip greedy, yaitu mencari solusi optimum pada setiap langkah yang dilalui, dengan tujuan untuk mendapatkan solusi terbaik. Algoritma Dijkstra sangat berpengaruh terhadap kerumitan graf sehingga mempengaruhi waktu proses perhitungan, semakin banyak titik dalam graf semakin banyak waktu yang diperlukan dalam pengiriman. Aplikasi yang dibangun mengacu kepada rancangan sistem dan algoritma yang diterapkan. Aplikasi ini mampu memberikan hasil rute yang sesuai dengan parameter yang diberikan dengan proses pencarian rute tidak memakan banyak waktu.


Keywords


Prinsip Greedy, Algoritma Dijkstra dan Graf

Full Text:

PDF

References


Faya, Mahdia. 2013, Pemanfaatan Google Maps API Untuk Pembangunan Sistem Informasi Logistik Pasca Bencana Alam Berbasis Mobile Web, Yogyakarta: Jurnal Sarjana Teknik Informatika.

Imron, Fauzi. 2011, Penggunaan Algoritma Dijkstra Dalam Rancangan Rute Tercepat dan Rute Terpendek (Studi Kasus Pada Jalanan antara Wilayah Blok M dan Kota), Jakarta, Jurnal UIN Syarif Hidayatullah.

Indra, Fahmi. 2013, JENI modul 2, Jakarta: Ebook Java. (Akses: u06-11-2016 Jam: 12.04 PM)

Irsan, Muhammad. 2011, Rancangan Bangun Aplikasi Mobile Nontifikasi Berbasis Android Untuk Mendukung Kinerja Di Instansi

Pemerintahan, Pontianak, Jurnal Universitas Tanjungpura.

Munir, Rizaldi. 2011. Algoritma & Pemrograman Dalam Bahasa Pascal dan C. Bandung: Informatika.

Nugroho, D.R.S., Suhadi Wahyu., & Pratomo A.P. 2011. Implementasi Sistem Manajemen. Database untuk SQLite di Sistem Android, Surabaya: Jurnal Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

R Sovia & J Febio. 2011, Membangun Aplikasi E-Library Menggunakan HTML, PHP SCRIPT, dan MYSQL Database, Padang: Teknologi Informasi & pendidikan.

Rezki, Rahmad. 2014, Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Lokasi dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Ruko Pada CV. Sinar

Jaya Global Steel Padang, Padang: Jurnal Universitas Tamansiswa Padang.

Rizky, Soetam. 2011, Konsep Dasar Rekayasa Perangkat Lunak, Jakarta: Prestasi Pustaka.

Rosa, A.S., & Shalahuddin, M. 2013, Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek, Bandung: Informatika.

Safaat, Nazrudin. 2012, Pemrograman Aplikasi Mobile Smartphone dan Tablet PC Berbasis Android, Bandung: Informatika.

Sandana, I.P.D., Wibowo, & Taufik, V.M. 2012, Rancangan Bangun Aplikasi Mobile Tracking Dengan Menggunakan SMS GATEWAY Untuk Meningkatkan Keamanan Pada PT. Artiduta Aneka Usaha, Surabaya: Jurnal STMIK STIKOM.

Uswah, Hasanah., Safriadi, Novi., & Tursin. 2014, Rancangan Bangun Aplikasi Location Base Service Lokasi Masjid Pontianak

Menggunakan Metode Dijkstra Berbasis Android, Pontianak, Jurnal Universitas Tanjungpura.

Wahana Komputer. 2010, Panduan Belajar MySql Database Server, Jakarta: Media Kita


Statistik Artikel

Abstract views : 6 times
PDF - 8 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 JI-Tech

Jurnal JI-Tech

Jurnal Ilmiah STTI NIIT

Jl. Asem II No.22, RT.11/RW.5,
Cipete Sel., Kec. Cilandak,
Kota Jakarta Selatan,
Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12410
Phone: (021) 7515870


Free counters!