Implementasi CD Interaktif Pembelajaran Membuat Desain Kemasan Menggunakan Corel Draw Pada SMA LB Yayasan Santi Rama

Fikram Eka Saputra, Jefri Rahmadian

Abstract


Dalam perkembangan jaman, kita dituntut untuk mengikuti aktifitas perkembangan yang sangat cepat dan kemajuan ilmu pengetahuan serta teknologi yang begitu terasa sangat berkembang. Untuk memanfaatkan kemajuan teknologi ini kita dituntut untuk mempelajari dan mengembangkannya. Seperti yang kita ketahui sekarang sudah banyak instansi-instansi pendidikan yang sudah memanfaatkan teknologi yang ada untuk mempermudah dalam sistem belajar mengajar. Tidak sedikit tenaga pengajar yang mengalami kesulitan dalam menyampaikan materi kepada muridnya agar dapat diterima dengan baik, ada beberapa murid yang cepat tanggap dan ada yang sedikit sulit untuk menerima pelajaran yang disampaikan, maka perlu adanya pengulangan penjelasan materi terhadap murid yang belum mengerti tentang pelajaran tersebut. Hal ini melatar belakangi penulis untuk membuat media pembelajaran yang interaktif yang dapat digunakan dimana saja dengan media komputer atau laptop. CD Interaktif ini berisikan informasi teori-teori pembelajaran, video tutorial dan kuis mengenai cara membuat animasi dengan software Scratch. Dengan adanya media interaktif sebagai media pembelajaran yang baru untuk SMALB Santi Rama ini para siswa/siswi menjadi lebih mudah dan fleksibel dalam menerima materi yang diberikan oleh para guru, dan diharapkan proses belajar mengajar menjadi lebih efektif.


Keywords


Implementasi, CD Interaktif

Full Text:

PDF

References


AlFatta, H. (2007). Analisa dan Perancangan Sistem Informasi. Yogyakarta: Salemba Pustaka.

Binanto, Iwan. (2010). Multimedia Digital (Dasar Teori dan Pembangunannya). Yogyakarta: Andi.

Mangunsong, Frieda. (2009). Psikologi dan Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus. Jakarta : LPSP3.

Uno, Hamzah. (2007). Teori Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Hendrawan, Hendi. (2008). Tips and Trick Computer Graphic Design. Bandung: Informatika.

Ivancevich. (2008). Perilaku dan manajemen Organisasi. Jakarta: Erlangga.

Mangunsong, Frieda. (2009). Anak Berkebutuhan Khusus. Bandung: Ganesha.

Oetomo, (2011). CD Interaktif. Yogyakarta: Galang Press Yogyakarta.

Pujiriyanto. (2015). Desain Grafis Komputer (Teori Grafis Komputer). Yogyakarta: Andi.

Robbins. (2007). Perilaku Organisasi, Jilid 2. Jakarta: Salemba Empat.

Sihombing, Danton. (2010). Tipografi Dalam Desain Grafis. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Simarmata, J. (2010). Konsep Dasar Tata Letak. Bandung: Citra Media.

Soetam. (2011). Konsep Dasar Rekayasa Perangkat Lunak. Bandung: Informatika.

French, F. (2008). Notes for Course Developers: Multimedia Development Life Cycle.

Wahab, Abdul. (2008). Pengantar Analisis Kebijakan Publik. Malang: Universitas Muhammadiyah Malang Press.

Wibowo, Ibnu Teguh (2013) Belajar Desain Grafis, Jakarta: Grasindo.

Zakaria, T.M, Prijono, A. (2007). Perancangan Antarmuka untuk Interaksi Perancangan Manusia dan Komputer. Yogyakarta: Erlangga.

Binanto, Iwan. (2010). Multimedia Digital (Dasar Teori dan Pembangunannya). Yogyakarta: Andi.

Suheri, Agus. (2007). Animasi multimedia pembelajaran. Bandung : Alfabeta.


Statistik Artikel

Abstract views : 7 times
PDF - 5 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 JI-Tech

Jurnal JI-Tech

Jurnal Ilmiah STTI NIIT

Jl. Asem II No.22, RT.11/RW.5,
Cipete Sel., Kec. Cilandak,
Kota Jakarta Selatan,
Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12410
Phone: (021) 7515870


Free counters!